Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Ms Excel

A. Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan program untuk mengelolah angka atau data secara otomatis, yang meliputi perhitungan dasar matematika, penggunaan fungsi tertentu, pengolahan data, pembuatan grafik dan manajemen data.

B. Microsoft Excel
 1. Lembar kerja Microsoft Excel

a. Quick access toolbar - letaknya berada dikiri atas, toolbar ini mewakili perintah tertentu yang biasanya sering digunakan
b. Tab baris - berisi sekumpulan tabs seperti file, home, insert, formula dll
c. Size button - untuk mengatur tampilan lembar kerja excel
d. Name box - toolbar yang berisi alamat suatu cell
e. Formula Bar - tempat untuk menulis rumus
f. Kolom - baris lajur yang berisi abjad A sampai VI
g. Baris - berisi angka 1 sampai 65536
h. Scrool bar - digunakan untuk menggulungkan dokumen keatas kebawah atau kekiri kekanan
i. Tombol navigasi sheet - untuk berpindah sheet
j. Status bar - baris yang berisi keterangan tentang lembar kerja yang sedang digunakan
k. Zoom - untuk memperbesar atau memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar

 2. Menu Tab Microsoft Excel 2010

1. Tab Home, terdiri dari submenu sebagai berikut


 a. Clipboard - Digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy
    Bagian dari Clipboard sebagai berikut ;
   1) Cut - Untuk memotong teks
   2) Copy - Untuk menduplikat teks
   3) Format Painter - Untuk membuat data format seperti data sebelumnya
   4) Paste - Untuk menempelkan hasil copyan data

b. Font - Submenu dari font sebagai berikut ;
1) Increase Font Size - Untuk membesarkan ukuran huruf
2) Decrease Font Size - Untuk menggecilkan ukurn huruf
3) Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
4) Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring 
5) Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
6) Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
7) A Style - Untuk membuat gaya pada tulisan
8) Font Color - Untuk merubah warna huruf atau tulisan didalam dokumen, dan lain-lain

2. Tab Insert, terdiri dari submenu sebagai berikut ;

a. Tabels, nama dan fungsi dari terdiri dari submenu tabel sebagai berikut:
  1) Pivot Tabel, untuk membuat rekapitulasi tabel dengan bentuk yang ditentukan sendiri 
  2) Table, untuk membuat tabel.

b. Ilustrations, terdiri dari submenu sebagai berikut :
1) Picture - Untuk menambah sebuah gambar didalam dokumen dari galeri komputer
2) Clipt art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
3) Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll
4) SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll

c.  Chart, Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
d. Text, Untuk membuat text box, menyisipkan header, dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol


3. Tab Page Layout, tab ini digunakan untuk mengatur data, terdiri dari submenu sebagai berikut ;

a. Themes - Untuk membuat tema yang akan kalian guankan
b. Page Setup - digunakan untuk mengatur garis tepi kertas, orientasi kertas, mengatur size kertas, mengatur area percetakan
c. Scale To Fit - digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis
d. Arrage - digunakan untuk mengatur tata letak gambar

4. Tab Formula, digunakan untuk memasukan rumus ( fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal dan waktu.

5. Tab Data, diguanakan untuk memasukan data eksternal atau merefresh data.

6. Tab Review, digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.

7. Tab View, digunakan untuk melihat tampilan kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Membuat Surat Masal

Teknik dan Panduan Membuat Daftar Isi dengan Multilevel List